Dalam berbagai industri pasti menggunakan kemasan sebagai alat pembungkus suatu produk. Kemasan pun memiliki 3 kategori yaitu primer, sekunder, dan tersier dengan fungsi yang berbeda-beda. Apa saja perbedaan dari kemasan primer, sekunder dan tersier?
Secara umum fungsi kemasan dari suatu produk itu berfungsi sebagai wadah penyimpanan suatu produk ketika di distribusikan ke konsumen akhir. Kemasan juga melindungi produk dari berbagai kotoran dan debu agar tidak mudah terkontaminasi.
Disamping itu kemasan juga memiliki dampak psikologis yaitu mempengaruhi preferensi konsumen. Dengan kemasan yang menarik, rapi, unik dan sebagainya mampu menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Keberadaan suatu kemasan sangat diperlukan untuk menampilkan beberapa informasi, contohnya seperti komposisi produk, informasi gizi, dan sebagainya. Adanya informasi suatu produk pada kemasan akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai.
Meski ketiga kategori kemasan ini memiliki fungsi yang sama, tetapi memiliki peran yang berbeda-beda. Berikut perbedaan dari ketiga kategori kemasan tersebut:
-
Kemasan Primer
Kemasan primer ini adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk, oleh sebab itu kemasan ini disebut primer. Contoh dari kemasan primer adalah nasi goreng yang dibungkus menggunakan Thinwall atau plastik mika. Penggunaan kemasan primer untuk makanan disarankan menggunakan kemasan yang food grade karena produk bersentuhan langsung dengan kemasan.
-
Kemasan Sekunder
Berikutnya adalah kemasan sekunder yang berperan sebagai pelindung tambahan dari kemasan primer dan mudah untuk dibawa. Contohnya nasi goreng yang sudah menggunakan kemasan primer, menggunakan lagi kantong plastik atau paper bag untuk memudahkan konsumen membawanya.
-
Kemasan Tersier
Terakhir adalah kemasan tersier sebagai kemasan akhir yang perannya sangat dibutuhkan dalam proses pengiriman barang. Kemasan tersier ini akan membantu produsen dalam mengatur barang-barang yang akan distribusikan agar lebih efektif dan aman. Contohnya nasi goreng tersebut akan di distribusikan ke area lain, agar pengiriman tetap aman perlu digunakan kemasan kardus lagi.
Ketiga kemasan ini menjadi komponen sangat penting dalam membungkus suatu produk hingga pendistribusian produk itu sendiri. Baik toko retail maupun penjual online pun tetap membutuhkan ketiga kemasan ini agar pengiriman tetap aman ketika sampai di konsumen.
Pastikan juga produk Anda menggunakan kemasan primer yang berkualitas serta sudah mencantumkan logo usaha Anda. Selain sebagai kemasan primer, kemasan tersebut juga dapat membantu branding atas produk.